Skip to content

Accounting

Pengertian

Modul Accounting pada sistem Turboly dapat dikatakan Sistem Informasi Akutansi. Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh pengambil keputusan. Informasi akuntansi merupakan sistem yang umumnya berbasis komputer dan metode untuk melacak kegiatan akuntansi dalam hubungannya dengan sumber daya teknologi informasi. Hasil laporan-laporan keuangan dapat digunakan secara internal oleh manajemen atau secara eksternal dengan pihak lain yang berkepentingan seperti investor, kreditur dan otoritas pajak.
Sistem informasi akuntansi dirancang untuk mendukung semua fungsi akuntansi dan berbagai kegiatan termasuk auditing, akuntansi keuangan & pelaporannya, manajerial/ manajemen akuntansi dan pajak. Transaksi yang diolah dalam Accounting Information System beberapa di antaranya:
  • Penjualan produk atau jasa dari customer
  • Pembelian bahan baku kepada supplier
  • Penerimaan kas dari customer
  • Pengeluaran kas kepada supplier
  • Pengeluaran kas untuk sistem payroll
Informasi yang dihasilkan dari transaksi tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam memecahkan permasalahan, serta meraih goals dan opportunities dalam perusahaan. Informasi tersebut nantinya juga dapat diolah menjadi knowledge yang akan berguna dalam decision making, serta dapat mengatasi permasalahan dalam bisnis, atau untuk keperluan strategic perusahaan.

Comments