Skip to content

Customers Wholesale

Pengertian

Customer Wholesale adalah badan usaha yang membeli produk dari produsen dan menjualnya kembali dalam partai besar kepada retailer. Wholesaler fokus untuk memuaskan kebutuhan retailer.

Role User

  • Role user yang bisa membuat customer wholesale :
    • Company Administrator
    • HO Finance

Cara Membuat Wholesale Customer

Langkah ke-1

  1. Pilih modul Customers
  2. Lalu klik tab Customer Wholesale
  3. Kemudian New Customer Wholesale
  4. Perhatikan filter pencarian customers wholesales yang disediakan sistem, dimana kita bisa mencari customer lebih spesifik pada list customers.
                           

Langkah ke-2

Berikut merupakan form add customer wholesale baru pada sistem, pada form ini mohon kita memahami hal - hal apa saja yang dapat di isi pada form, dimana akan digunakan sebagai data customer yang akan digunakan pada banyak proses di sistem.

Perhatian

Sebelum mengisi form ada baiknya kita mengingat kembali bahwa dalam sistem Turboly, pengisian field pada sistem dibedakan menjadi 2, yaitu field dengan tanda bintang → * (harus di isi/ tidak bisa kosong) dan tanpa bintang yang merupakan optional.

  1. New Customer

    • Customer Code → Kode Customer
    • Nama → Nama Customer
    • Telpon/ HP → Nomor Telpon Customer
    • Alamat → Alamat Customer
    • Sale Person → Merupakan tenaga penjual yang dapat dipetakan terhadap customer, hal ini membutuhkan settingan khusus dan berhubugan dengan report target perjualan dengan tujuan untuk memberikan reward terhadap beberapa sales sesuai SOP perusahaan tertentu.
    • dst.....lengkapilah semua field sesuai kebutuhan data
  2. Customer Group

    Customer group merupakan fungsi yang dapat digunakan untuk mengelompokkan customer wholesale dengan tujuan untuk management data customer, fungsi ini juga akan digunakan pada beberapa report pada sistem. Untuk menambahkan group pada customer wholesale, cukup dengan klik New Group - lalu isi nama group tersebut - kemudian Save untuk menyimpan, grup yang sudah dibuat akan disimpan pada sistem, sehingga saat akan dipetakan dengan customer wholesale lain, cukup dipilih saja.

  3. Setting

    Pengisian form pada bagian ini sangatlah penting, coba kita pahami semua field yang akan di isi dimana meliputi data - data penting yang dibutuhkan dalam melakukan transaksi atau laporan keuangan.

    • Credit Term (Days) → Jangka waktu customer dalam kredit/ hutang terhadap transaksi yang dilakukan.
    • Credit Limit → Nominal customer dapat melakukan kredit/ hutang terhadap transaksi yang dilakukan.
    • Over Limit (Days) → Batas waktu keterlambatan customer untuk pembayaran kredit/ hutang terhadap transaksi yang dilakukan.
    • Currency → Mata uang yang digunakan customer dalam bertransaksi
    • Price List → Harga yang digunakan customer, karena dalam sistem Turboly, harga dapat dibedakan per customer wholesale.
    • Sales Tax → Menentukan customer apakah menggunakan pajak atau tidak, sistem sudah setting default dengan PPN.
    • Card Payment Provider → Merupakan settingan khusus yang dapat digunakan untuk provider payment card. Jika customer bukan merupakan provider payment, biarkan tidak dicentang (default).
  4. Save/ Cancel → Meyimpan atau membatalkan data customer masuk ke sistem.

                           

Langkah ke-2

Setelah data selesai diisi seperti tampilan dibawah silahkan pilih Save untuk menyimpan data pada sistem.

                           

Langkah ke-3

Memastikan data customer yang sudah di input pada form sudah tersimpan pada sistem. Perhatikan gambar dibawah bahwa setelah klik save data sudah berhasil disimpan ke sistem.

                           

Bagaimana Edit Customer???

Edit Customer Wholesale pada sistem dapat dilakukan dengan memilih customer yang sudah dicreate/ sudah ada pada sistem - lakukan edit - simpan kembali dengan data terbaru.

Jika ingin Edit Customer, perhatikan seperti pada gambar, cukup klik Edit - lalu lakukan perubahan dan simpan data kembali.

Comments